Latest Entries »

Steven Gerrard at Thailand

Iklan

Berbicara masalah kiper atau bahasa bulenya goalkeeper memang selalu menarik seperti bagaimana menariknya sepakbola itu sendiri. Seorang kiper yang menempati fungsi sebagai palang pintu terakhir dari serbuan tim lawan tentunya sangat diandalkan sekali dalam meredam dan sekaligus menggagalkan lawan dalam usahanya mencetak gol.

Tugas dan tanggungjawabnya yang lumayan berat tentunya beresiko kepada apresiasi yang diterimanya dari para penggemarnya. Tak jarang memang karena menjadi pintu terakhir dari sebuah gol tercipta, kiper sering dijadikan kambing hitam atas kekalahan timnya. Mungkin sahabat sering mendengar umpatan dari para penggila bola spt ini: “dasar kipernya goblog, nangkep gitu aja ngga becus”, atau “kiper koch pake maju segala, akhirnya bola “chop” bisa masuk tuh”, atau yang seperti ini, “bola begitu ditinju, bukan ditangkap”.…itulah beberapa umpatan yang kerap diterima oleh kiper diseluruh dunia (alahh…di Indonesia kali !)

Dalam sebuah permainan seperti halnya cabang sepakbola disini memang idealnya dituntut sebuah “kesempurnaan”. Namun rasanya hal tersebut sangat mustahil bisa dicapai, paling-paling seorang pesepakbola (baca: kiper) berusaha untuk mendekati “kesempurnaan” itu lewat aksi-aksinya didepan gawangnya. Mungkin kita bisa ambil contoh misalnya “kesempurnaan” seorang kiper dalam membaca arah bola, membuat gerakan refleks dalam menghalau bola, serta memberikan umpan counter attack yang membuat lawannya kocar-kacir dan masih banyak lagi tentunya aksi-aksi yang lainnya.

                            

Nahh…berhubung dalam postingan ini menyangkut masalah kiper, disini penulis kembali mau menshare kiper-kiper terbaik dunia pilihan IFFHS dalam kurun waktu 1987-2011 (dalam seperempat abad). Siapa sajakah…inilah kiper-kiper terbaik dunia:

  1. Gianluigi Buffon (Italia)
  2. Iker Casillas (Spanyol)
  3. Edwin van der Sar (Belanda)
  4. Peter Schmeichel (Denmark)
  5. Oliver Kahn (Jerman)
  6. Peter Chech (Rep Ceko)
  7. Joe Hart(Inggris)

Pada 2008 aku masuk Sekolah Menengah Atas atau SMA.
DIA adalah sesosok cewek cantik yang kukenal awal waktu itu. Pertemuanku dengan DIA bermula dari awal pendaftaran masuk SMA.
Pada waktu itu formulir pendaftaran sudah habis, jadi terpaksa harus memphotocopy ulang. Aku bingung harus meminjam punya siapa, punya teman-temanku sendiri sudah mereka isi.
Lalu, aku melihat DIA yang saat itu mau mengisi lembar formulir yang masih kosong. Aku pun spontan menghampirinya dan berkata “Maaf Jangan diisi dulu !”.
Dan Aku menghampirinya. “maaf ya aku cegat begitu saja !”, kataku.
“iya tidak apa-apa !” balasnya sambil tersenyum manis.

Sedikit bicara dan memperkenalkan diri, aku pun meminjam formulir pendaftaran punya DIA, gadis manis itu.

***

Sungguh suatu kebetulan aku satu kelas dengannya. Hari demi hari sekolah, ku jalani. Aku mulai sedikit mengenal sosok DIA yang duduk disebrang samping kananku.
DIA gadis yang sholehah, sedikit pemalu, smart, mudah bergaul, ramah, sopan dan juga fasih dalam membaca Al-qur’an.

Hampir setiap acara yang melibatkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dia yang dipilih untuk melantunkannya. Sungguh perempuan muda yang sempurna.

***

1 tahun di SMA dan naik ke kelas 2. Waktu dimana penentuan untuk mengambil jurusan. Aku bingung memilih IPA atau IPS. Ku akui kemampuan ku terbatas, aku bukanlah orang yang pintar. Akhirnya, aku memilih IPA. Kulihat daftar nama peserta IPA dan ternyata terpampang nama DIA. Sungguh keputusan bagus yang dia ambil, mengingat dia pintar dalam ilmu kimia dan fisiki, “fikirku.

Karena kecantikan dan tingkah lakunya yang baik, wajar banyak laki-laki yang menginginkan untuk mejadi pacarnya termasuk teman baikku. Berbeda dengan aku yang hanya menganggapnya sebagai teman baik dan tidak ada niat untuk menjadikannya kekasihku.

***

satu bulan berlalu, tanpa ku ketahui ternyata dia menjalin cinta dengan temanku. Tapi aku acuh. “selamat sobat, kamu telah mendapatkan hatinya, ! “kataku. “ah kamu bisa aja,” ! ,jawabnya.Akhirnya,aku pun memutuskan untuk pindah jurusan,yaitu pergi ke IPS untuk membuang rasa sakit hatiku ke DIA.

Kalau biasanya aku pulang berbarengan dengan temanku, namun itu tidak lagi.Temanku harus mengantar DIA dulu baru dia bisa pulang. Sungguh kemesraan yang indah namun tidak melenceng dari jalan Allah.

Rasa cemburu pun menghampiri. Hari demi hari rasa cemburu makin besar. Sosok DIA mulai melekat dalam fikiranku. Tapi aku sadar, aku tidak boleh meluapkan rasa cemburu dan suka ku kepada DIA, mengingat dia adalah pacar temanku. Biarlah tersimpan dalam lubuk hati.

***

satu setengah tahun berlalu, tak terasa ujian akhir nasional sudah di depan mata, cuma tinggal 1 bulan.

Ditengah-ditengah kesibukan masing-masing siswa mempersiapkan bekal menghadapi UAN, terjadi pertengkaran antara DIA dan pacarnya. Entah apa sebabnya, aku juga tidak tahu.
“Kenapa ? , kamu bertengkar dengan DIA ya , memang ada masalah apa ?, “aku bertanya kepada temanku. Namun temanku hanya diam, akupun tidak berani lagi untuk bertanya. Aku tinggalkan dia sendirian.
“mungkin dia butuh waktu untuk sediri !” fikirku.

Dua hari bertengkar DIA dan temanku pun putus. Ini sebuah kesempatan untuk aku mengutarakan perasaanku. Namun aku tidak mau cepat, takut disangka apa-apa oleh temanku.

***

Selama 3 minggu setelah putus dengan temanku. DIA begitu akrab denganku, segala sesuatu yang dia butuh pertolongan untuk melakukannya, selalu minta tolong denganku. Begitu juga ketika sedang berkumpul dengan teman-teman, selalu maunya duduk disampingku. Terbesit dalam benakku “Apa yang terjadi dengan DIA, apakah dia juga suka denganku ?”. Ah entahlah, mungkin cuma angan-anganku.
Hari ke-20 setelah putusnya DIA dengan temanku. Pagi Di depan pintu, sebelum masuk kelas. Aku menghampiri DIA, untuk sekedar mengobrol. Kami bicara banyak tentang pelajaran dan sebagainya.
Namun, Karena asiknya bicara, tidak disangka pembicaraanku telah berlalu setengah jam. Aku terbawa suasana, hatiku senang meluap-luap tiada terbendung. Saatnya sedikit aku mengutarakan perasaanku. Ketika mau berucap kalau aku suka dia, tiba-tiba dia memberikan pertanyaan
“ngomong-ngomong D(initial) itu gimana orangnya ?, (D teman satu kampungku). Aku bingung kok dia menanyakan si D, “emangnya kenapa ?’ jawabku.
“nggak, kemarin dia nembak aku, tapi aku masih bingung mau jawab iya atau tidak.” balasnya.

Bangunan beton yang telah utuh kini kembali retak. Namun karena D memang orang yang baik, aku ceritakan kebaikannya kepada DIA, meskipun hatiku sakit. Aku tidak mau terlalu terlena dalam kesedihan dan sakit hatiku. UAN di depan mata, aku tidak mau gagal hanya karena tidak bisa mendapatkan hati DIA. Fikirku, mungkin tidak sekarang aku mendapatkan hatinya.

***

Dua hari berlalu,DIA pun akhirnya jadian dengan D. Dan selama 2 minggu ku menjalani UAN, Alhamdulillah dengan jerih payahku belajar akhirnya Aku lulus juga. Begitu pun dengan DIA.

Berselang 1 setengah bulan sehabis pengumuman kelulusan, waktunya mengambil ijazah. Aku berharap bisa bertemu dengan DIA. Namun harapanku nihil, ternya dia tidak hadir karena kerumah pamannya. 95% semangat ku hilang. Tapi biarlah mungkin lain waktu bisa bertemu”, kataku dalam hati dengan rawut wajah sedih.

***

Ku dengar kabar, katanya DIA mau kuliah di Palangkaraya. Untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Berbeda dengan aku yang termasuk golongan kelas bawah yang tidak mungkin rasanya untuk meneruskan kuliah.

Harapanku untuk bertemu dia pun sangat tipis ketika aku memutuskan untuk kerja di kampungku saja. Namun hanya sebagai tukang galon.

Hari demi hari berlalu, 1 bulan berganti, tak terasa sudah 1 tahun lebih aku kerja di sini. Terfikir dalam benakku untuk menghubungi DIA. Namun, nomornya sudah tidak aktif. Ku coba memberanikan diri meminta nomor handphone DIA dengan D. Namun, D juga sudah tidak punya nomor handphone DIA. Tenyata hubungannya dengan DIA sudah berakhir. Dan pangkalnya adalah karena D ketahuan selingkuh. D Cerita banyak tentang DIA, dan D juga menyesal telah membuat D sakit hati. Tapi nasi sudah menjadi bubur.

Harapanku pun semakin pudar. Rasanya tak ada lagi kesempatan untuk aku bertemu dengannya bahkan untuk mendengar sedikit suara halus dari mulutnya.

***

Dan karena alasan tertentu, Aku berhenti kerja di kampungku

***

Hari-hari berlalu, akhirnya aku memutuskan untuk pergi ke Palangkaraya, dengan tujuan untuk bekerja di sebuah Expedisi pengiriman barang sebagai kuli angkut, dan dengan harapan agar bisa bertemu dengan DIA yang saat ini sedang kuliah disana.
Namun sampai sekarang, setelah bekerja selama satu bulan, aku belum juga bisa bertemu dengannya. Impian tinggal impian, Aku bingung bagaimana caranya aku bisa bertemu dengannya. Nomor handphonenya pun Aku tidak punya apalagi untuk tahu tempat tinggalnya yang sekarang.
Apakah suatu saat nanti aku bisa bertemu dengannya dan menyatakan perasaanku ? . Mungkin hanya Allah yang bisa mejawab. Jika jodoh mungkin aku akan bertemu dengannya lagi….!

# TO BE CONTINUED #

Image

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran yang baik, yaitu sebagai berikut:

* Impresif.

Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah.

* Menarik minat calon atasan.

Kesan pertama sangat penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita

* Menyebutkan kualifikasi yang diraih.

Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.

* Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat.

Gunakan bahasa yang sederhana dan ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.

* Kalimat yang efektif.

Hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang dan berlebihan.

* Bahasa Indonesia saja

Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah ‘nilai plus’ bagi kita.

* Tujuan dan alasan melamar.

Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

* Kerapihan.

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tippex.

* Tulis tangan atau komputer?

Lebih baik menggunakan komputer, kecuali perusahaan yang kita tuju mensyaratkan agar surat lamaran ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk memberi kesan formal.

TEKNIK MENENDANG BOLA

Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

A. Menendang dengan kaki bagian dalam.
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya adalah sebagai berikut :
@ Badan menghadap sasaran di belakang bola.
@ Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki
menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.
@ kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
@ setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, ( gerakan
lanjutan ).
B. Menendang dengan kaki bagian luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya sebagai berikut :
@ Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm,
ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.

@ kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap
kedalam.
@ kaki tending ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.
@ Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah –
tengah bola.
@ Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat
menghadap sasaran.
C. Menandang dengan punggung kaki
Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakanya sebagai berikut :
@ Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di
samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit
ditekuk.
@ Kaki tending berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap
kedepan / sasaran.
@ Kaki tending tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai
bola.
@ Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepat
pada tengah – tengah bola.
@ Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.

Banyak yang harus dikuasai untuk menjadi seorang kiper dalam permainan futsal . Di antaranya adalah :

Teknik Dasar Kiper

Mutlak harus dikuasai. Teknik dasar ‘Handling’ atau boleh juga disebut ‘Goalkeeping Skill’. Anda mesti handal menangkap bola sesempurna mungkin dalam keadaan apapun. Pastikan bola lengket dalam genggaman Anda. Kira-kira begitu. Fernando Muslera adalah yang terbaik untuk soal ini. Ia tidak pernah tidak lengket ketika menangkap bola yang datang mengancam gawang.

Daya Jangkau

Kemampuan Anda dalam menjangkau bola sangat penting untuk dikuasai. Pun Anda mesti tahu sampai dimana kemampuan Anda menjangkau bola. Sehingga dapat menentukan kapan bola akan ditangkap, ditinju, ditangkis, ditip atau kita mesti terbang menyelamatkan gawang. Yang paling saya suka adalah terbang menangkap bola di sudut yang jauh dari posisi berpijak. Seni akrobatiknya sangat menawan untuk ditonton. Terlepas dari bisa tidaknya bola ditangkap, seni terbang seorang kiper amatlah aduhai. Eks penjaga gawang Perancis Fabien Barthez merupakan sosok kiper yang lihai dan memiliki gaya yang khas ketika terbang menyelamatkan gawang.

Penempatan Posisi

Semakin baik posisi yang Anda tempati, semakin mudah pula Anda menghalau serangan lawan. Anda mesti paham, dimana kedua kaki Anda berpijak. Sejauh apa dari gawang, berada pada sudut berapa dan dimana kira-kira lawan membidik jika Anda berdiri pada posisi yang Anda tempati. Titik ini menjadi awal pengambilan keputusan ketika Anda memutuskan untuk tetap di tempat atau maju keluar sarang untuk menggagalkan usaha penyerang lawan. Di sini pula berawal pikiran untuk memutuskan untuk melompat, terbang, menangkis, menyergap menggunakan siku atau kaki untuk menghalau bola dsb. Gianluigi Buffon adalah contoh kiper yang baik untuk masalah penempatan posisi.

Refleks

Poin penting untuk kiper. Kecepatan bereaksi terhadap bola yang sering berubah arah karena deflect atau hal lain. Bola rebound juga menjadi situasi yang sangat tidak menyenangkan. Karena bola-bola seperti ini biasanya membuat posisi kiper tiba-tiba menjadi posisi mati. Refleks dari Gianluigi Buffon adalah salah satu yang saya kagumi.

Komunikasi

Maksudnya adalah komunikasi dengan bek. Ini vital untuk dilakukan. Tanpa komunikasi yang baik, potensi terjadi miss communication antara bek dan kiper sangat mungkin terjadi. Akibatnya fatal, gawang sering bobol akibat situasi seperti ini. Kiper adalah raja kotak penalti. Siapapun bek-nya, mesti patuh dengan perintah kiper. Peter Schmeichel adalah yang terbaik untuk masalah ini. Ia tak segan berteriak hebat dan memarahi para bek jika terjadi blunder.

Konsentrasi

Seorang kiper, secara kasat mata seolah tidak selalu bekerja setiap menitnya. Ketika bola berada di area pertahanan lawan, kiper akan cenderung diam. Namun sebenarnya, ketika dalam situasi seperti ini, seorang kiper akan lebih baik jika tetap berkonsentrasi penuh di dalam permainan. Konsentrasi sejak serangan lawan belum dibangun akan lebih memudahkannya mengambil keputusan ketika serangan datang.

Laporan wartawan Tribun Jakarta Deodatus Suksmo Pradipto

Tribunnews.com – Pemain Bolton Wanderes, Fabrice Muamba jatuh pingsan ketika bertanding melawan Tottenham Hotspurs pada laga perempat final Piala FA, di White Hart Lane Minggu (18/3/2012) WIB. Muamba terjatuh pingsan pada menit 42. Fabrice Muamba segera dilarikan ke rumah sakit. Pertandingan kemudian dihentikan oleh wasit Howard Webb. Sampai saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai kondisi pemain yang mengawali karir sepak bola profesionalnya bersama Arsenal tersebut.

Berikut ini merupakan daftar pemain sepak bola yang meninggal ketika bertanding :

1. Marc-Vivien Foe
Pemain tim nasional Kamerun ini pingsan ketika bermain di Piala Konfederasi 2006 di Lyon, Perancis melawan Kolombia 26 Juni 2003. Foe tiba-tiba terjatuh di tengah lapangan. Foe meninggal beberapa saat kemudian.

2. Antonio Puerta
Pemain klub Sevilla tersebut mengalami gagal jantung ketika menghadapi Getafe 28 Agustus 2007 pada partai pembuka La Liga.

3. Jumadi Abdi
Gelandang Indonesia yang bermain untuk Bontang FC ini mengalami benturan keras ketika bertanding melawan Persela Lamongan pada tanggal 7 Maret 2009. Delapan hari kemudian, pemain berumur 26 tahun ini meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif. Jumadi meninggal akibat kerusakan di sejumlah organ vital bagian dalam.

4. John Tomson
John Tomson merupakan mantan kiper Glasgow Celtic yang meninggal setelah bertabrakan dengan pemain Glasgow Rangers ketika laga Old Firm di Stadion Ibrox pada 5 September 1931. John Tomson meninggal dalam usia 22 tahun.

5. Hugo Cunha
Pemain tengah klub Portugal Uniao Leiria ini pingsan kemudian meninggal dalam sebuah pertandingan persahabatan pada bulan Juni 2005. Hugo Cunha meninggal dalam usia 28 tahun

6. Marcio Dos Santos
Striker Brazil berumur 28 tahun ini meninggal akibat serangan jantung beberapa jam setelah mencetak gol pada Oktober 2002. Dos Santos adalah pemain tim Peru, Deportivo Wanka.

7. Miklos Feher
Pemain Benfica ini pingsan akibat serangan jantung dalam pertandingan liga Portugal melawan Vitoria Guimaraes pada 24 Januari. Pemain tim nasional Hongaria ini tewas dalam umur 24 tahun

8. Dave Longhurst
Pemain York City berumur 25 tahun ini tewas setelah pingsan selama dua menit dalam pertandingan melawan Lincoln City pada September 1990. Hasil otopsi menunjukkan Longhurst meninggal akibat masalah jantung.

9. Samuel Okwaraji
Pemain Nigeria Samuel Okwaraji pingsan selama 10 menit ketika melakoni pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Angola di lagos pada Agustus 1989. Okwaraji meninggal karena penyakit jantung.

10. Serginho
Bek Sao Caetano ini meninggal karena mengalami masalah pernafasan ketika bertanding melawan Sao Paulo pada Oktober 2004.

11. Eri Irianto
Eri Irianto (Sidoarjo, 12 Januari 1974 – Surabaya, 3 April 2000) adalah seorang mantan pemain Persebaya Surabaya. Ia meninggal pada 3 April 2000 di RSUD dr Soetomo, setelah runtuh dengan serangan jantung di lapangan selama pertandingan liga melawan PSIM Yogyakarta di Stadion Gelora 10 November. (berbagai sumber)

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.